Saturday, March 23, 2013

Membedakan RAL dan RAK

Rancangan Acak Lengkap / Completely Randomized Design (RAL) dan Rancangan Acak Kelompok / Randomized Block Design (RAK) adalah materi yang saya baru saja pelajari dalam mata kuliah Rancangan Percobaan. Jadi, saya akan mencoba membagikannya dengan teman-teman pembaca. Semoga membantu ya :)


Perbedaan utama RAL dan RAK adalah dalam hal pengelompokkan ulangan suatu percobaan. Lebih sederhananya, pahami pernyataan berikut:
  • RAL digunakan untuk percobaan-percobaan dengan satuan-satuan dan bahan-bahan percobaan yang SERAGAM.
  • RAK digunakan untuk percobaan-percobaan dengan satuan-satuan dan bahan-bahan percobaan yang TIDAK SERAGAM.
RAL biasanya digunakan pada percobaan yang tempat, suhu, kondisi lingkungan, atau keadaannya relatif sama, contohnya adalah percobaan yang dilakukan di laboratorium.
RAK biasanya digunakan pada percobaan yang tempat, kondisi lingkungannya, atau keadaannya berbeda, contohnya adalah percobaan yang dilakukan di ladang yang keadaan tanahnya berbeda-beda.

Menentukan RAL dan RAK
Perhatikan soal berikut!
  1. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang confectionery akan meluncurkan produk baru yaitu lolipop berwarna. Sebelum meluncurkan produk ini, dilakukan survei untuk mengetahui selera konsumen terhadap warna yang paling disukai. Lolipop tersebut memiliki rasa dan aroma sama tetapi warnanya berbeda. Lolipop pink, hijau, dan cokelat dipasarkan di empat buah toko yang berbeda lokasinya untuk melihat tingkat penjualan masing-masing warna. Menurut anda, rancangan lingkungan apa yang tepat untuk survei tersebut?
  2. Seorang mahasiswa melakukan penelitian di laboratorium jurusannya untuk mengetahui persentase gliserol yang dibutuhkan dalam pembuatan edible film dengan bahan baku 100 ml air dan 5 gr pati. Untuk percobaan ini mahasiswa tersebut menentukan persentase gliserol yang akan diujikan yaitu 0.5%, 1%, 1.5%, 2%, 3%. Menurut anda, rancangan lingkungan apa yang tepat untuk penelitian tersebut?

Jawaban
Pada pertanyaan no 1, terdapat kata kunci pada kalimat "Lolipop pink, hijau, dan cokelat dipasarkan di empat buah toko yang berbeda lokasinya untuk melihat tingkat penjualan masing-masing warna". Toko yang digunakan untuk survei berbeda lokasi. Perbedaan lokasi ini berpengaruh terhadap siapa saja konsumen yang datang ke toko tersebut, berapa jumlahnya, apa keperluannya, dsb. Oleh karena itu, pada soal nomor 1 digunakan RAK.
Pada pertanyaan no 2, dapat dilihat bahwa percobaan dilakukan di laboratorium, sehingga pengontrolan hal-hal penunjang percobaan seperti suhu, kelembaban, dll relatif sama sehingga pada soal ini digunakan RAL.

Untuk cara penghitungan RAL sendiri bisa dilihat di:
sedangkan untuk cara penghitungan RAK sendiri bisa dilihat di:
Perbedaan yang paling mendasar pada cara penghitungan RAL dan RAK adalah pada Tabel Sidik Ragam RAL, Ulangan/Kelompok tidak dihitung sedangkan pada RAK dihitung. Semoga bermanfaat~ dan apabila ada kesalahan dalam tulisan ini silakan mengkoreksi dengan meninggalkan komentar. Terima kasih :)

(Tania, 2013)

10 comments:

  1. Makasih yaaaaa..sangat membantu saya......

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu..
    Lebih mudh dn mngrti ttg biometrika

    ReplyDelete
  3. thanks yaa kak.. mudah di pahami penjelasannya
    sangat membantu :)

    ReplyDelete
  4. makasi banyak ini sangant membantu saya

    ReplyDelete
  5. @semuanya: terima kasih kembali ^^ senang sekali bisa membantu walau sedikit. Semoga bermanfaat yaa.

    ReplyDelete
  6. senag sekali bisa mengunjungi blog ini , semoga ilmu yang dibagikan bisa bermanfaat , terimakasih atas informasinya :)

    ReplyDelete
  7. thanks so much yeaa sangat membantu.. GBU All

    ReplyDelete
  8. terimakasih banyak yaak, bahasanya mudahh dimengertii

    ReplyDelete
  9. ALHAMDULILLAH MEMMBANTU BANGET SETELAH MENJELANG UAS BARU PAHAM BEDAIN RAL DAN RAK SETELAH LIHAT BLOK INI

    ReplyDelete