Tuesday, July 7, 2015

Permainan tentang Masalah dalam Organisasi

Ini adalah cara tentang bagaimana merepresentasikan masalah-masalah dalam organisasi dalam waktu kurang dari 10 menit dan karena ini prototype, mungkin harus direvisi pada suatu saat nanti muehehe~

Permainan ini kuberi nama "Puzzle Game". Sesederhana namanya, memang permainan ini hanyalah menyusun potongan-potongan gambar hingga membentuk suatu kesatuan gambar yang utuh. Langsung mulai saja. Langkah-langkahnya:

1. Bentuk tim yang terdiri dari 5 orang, dengan komposisi 1 ketua dan 4 anggota. Jadi, jika ada 40 orang audiens, terdapat 8 tim.

2. Ajak seluruh ketua tim-tim tersebut ke tempat terpisah yang jauh dari penglihatan para anggota.

3. Beri mereka lembaran gambar. Saya membuatnya dalam ukuran A4. Gambarnya sendiri bebas dan contohnya ini search di Google. Sebelumnya, gambar telah diberi garis putus-putus yang membagi gambar ke dalam 36 kotak.
Gambar ini di-print, lalu dikasih garis putus-putus pakai pensil


4. Setelah semua ketua menerima gambar, bagikan gunting karena setiap ketua akan menggunting gambar itu masing-masing mengikuti garis. Beri mereka waktu 5 menit untuk menyusun strategi agar GAMBAR TERSEBUT BISA DISUSUN TIM MEREKA DALAM WAKTU KURANG DARI 30 DETIK. Mereka juga boleh memakai alat bantu atau cara apapun, yang penting gambar tersebut bisa disusun oleh tim mereka dalam waktu kurang dari 30 detik.

5. Setelah 5 menit habis, minta semua ketua untuk kembali ke tim masing-masing. Beri mereka waktu 1 menit untuk mem-briefing timnya mengenai strategi mereka.

6. Setelah 1 menit habis, mulailah permainan ini selama 30 detik dan lihat apakah ada tim yang berhasil menyusunnya.

Saat saya mencoba ini, tidak ada tim yang mampu menyusun gambar dalam waktu kurang dari 30 detik. Tim tercepat (dari 7 tim) yang mampu menyelesaikannya memerlukan waktu 47 detik. Tapi ini permulaan yang baik yuhu~

Setelah permainan selesai, kami membahas esensi dari permainan ini.
Gambar rumah adalah visi dari permainan ini.
Menyusun kepingan puzzle hingga dapat memperlihatkan gambar rumah adalah misi dari permainan ini.
5 menit merumuskan strategi di awal adalah perencanaan yang matang.
1 menit briefing adalah koordinasi.
30 detik permainan adalah eksekusi yang waktunya jauh lebih singkat dari perencanaan.
Tim dan ketua adalah bagaimana membagi tugas dalam organisasi.
Tim adalah kerjasama.

Jika seluruh aspek tersebut terpenuhi dengan baik, maka akan dihasilkan roda organisasi yang lancar. Sedangkan hilangnya satu atau lebih aspek-aspek tersebut akan menghasilkan kemacetan dalam roda organisasi. 1 dan yang paling penting dalam permasalahan organisasi (khususnya tingkat siswa/mahasiswa) adalah tidak semua orang dalam tim mengetahui tujuan organisasi itu secara kongkrit. Oleh karena itu, pada permainan ini tekankan pada seluruh ketua untuk memberitahu timnya seperti apa gambar yang akan mereka susun. Baik dengan mendeskripsikan, memfoto, maupun menggambar ulang (kalo bener-bener niat). Karena semakin jelas tujuan yang akan dicapai, akan semakin mudah bagi tim untuk bekerja.

1 comment: